Nebula Planet Menyerupai Pijar Hijau Mikro-organisme

ery Large Telescope milik European Southern Observatory telah menangkap gambar rinci IC 1295, sebuah nebula planet di konstelasi Scutum Shield.

Gelembung pijar hijau di antara bintang-bintang ini terbuat dari banyak lapisan, yang membuatnya terlihat seperti sebuah organisme bersel tunggal dengan membran sel, menurut siaran pers. Sebenarnya, gelembung gas berlapis-lapis diciptakan ketika bintang di tengahnya mulai mati, menyebabkan atmosfer meledak keluar dalam semburan.

Sebuah nebula planet terbentuk ketika sebuah bintang seukuran matahari sedang sekarat. Atmosfernya terhempas keluar angkasa karena reaksi fusi yang tidak stabil jauh di dalam bintang, menciptakan awan bercahaya raksasa dari gas yang terionisasi.

Radiasi ultraviolet dari bintang tersebut menyebabkan pijar awan warna-warni tergantung pada jenis gas pembentuknya. Nebula planet mengeluarkan pijaran hijau pucat karena mengandung oksigen terionisasi.

Di tengah gelembung hijau, Anda dapat melihat titik putih kebiruan kecil yang digunakan sebagai inti bintang.

Setelah awan gas bersinar selama puluhan ribu tahun, itu akan hilang, dan hanya itu sisa putih samar bintang yang akan ditinggalkan. Sisa ini, dikenal sebagai si putih kerdil, akan menghabiskan miliaran tahun pendinginan.

Very Large Telescope, terletak di Chili, gambar gabungan dari tiga filter terpisah untuk menciptakan gambar dari nebula planet ini.

Istilah “nebula planet” sedikit menyesatkan karena obyek-obyek ini tidak berhubungan dengan planet. Mereka mendapatkan nama itu ketika para astronom pertama kali menemukan obyek ini dan berpikir hal tersebut mirip planet seperti Uranus dan Neptunus. (EpochTimes/sua)

 

Monggo diKomen Sedulur

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s