Sapi Penghasil Daya Listrik

Sapi Dapat Menghasilkan Daya Listrik
· In Listrik & Energi

livestock power mill

Kadang Ilmu Pengetahuan itu tidak disangka, ternyata sapi selain bisa dimanfaatkan daging dan susunya, bisa juga menghasilkan daya listrik. Di suatu peternakan di Irlandia Utara milik William Taylor menciptakan sebuah alat yang diberi nama Livestock Power Mill. Alat ini berfungsi untuk menghasilkan tenaga listrik dengan bantuan sapi-sapi di peternakannya tersebut. Kok bisa?

Awalnya, William Taylor berpikir, bagaimana caranya untuk mengurangi sumber daya listrik untuk peternakannya tersebut. Dari pemikirannya tersebut terciptalah sebuah alat treadmill yang didesain sedemikian rupa untuk sapi-sapinya. Ini mungkin ide yang sangat gila, tetapi William Taylor benar-benar mewujudkannya. menurut perhitungannya, jika di dunia ini sebanyak 1.3 miliar sapi menggunakan alat treadmill selama 8 jam sehari, sapi-sapi tersebut dapat menghasilkan daya listrik sebesar 6% yang dikeluarkan seluruh dunia.

Untuk prosesnya seperti ini, Sapi ditempatkan di alat treadmill tersebut dengan dipasang sabuk untuk menghindarkan sapi meluncur ke bawah. Ketika treadmill ini bisa bergerak, dengan reflek sapi akan berjalan sendirinya. Berjalannya treadmill ini mengakibatkan generator listrik berputar dan menghasilkan listrik. Satu sapi dapat menghasilkan daya listrik sekitar 2 Kilowatt, energi yang cukup untuk menghidupkan empat mesin pemerah susu di peternakan William Taylor. Hemmm…

Ini mungkin kelihatan kejam, karena membuat sapi kelelahan. Tetapi di depan alat treadmill tersebut terdapat tempat untuk memuat makanan dan air untuk si sapi, selain itu di kehidupan alaminya, sapi berjalan sekitar 8 jam sehari untuk mencari rumput. Kalau memang seperti itu, kenapa tidak dimanfaatkan, pikir William Taylor.

Untuk saat ini, Livestock Power Mill hanya ada di peternakan Taylor. Tetapi, jika ide ini bisa dilakukan oleh peternakan-peternakan di seluruh dunia, berarti energi terbarukan bisa dimanfaatkan. Dan yang pasti kesejahteraan para peternak sapi akan meningkat. Good idea…

Monggo diKomen Sedulur

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s